PLN Bersih? Kami Dukung!

banner-no-suap1

PLN Bersih? Entahlah, sepertinya otak saya agak susah mencerna kata-kata itu. Bukan karena saya tak paham dengan maksud kalimat tersebut, hanya saja, kalimat tersebut seperti utopis. Ibarat pepatah, bagai pungguk merindukkan bulan, menginggat berbagai masalah yang menggelayuti PLN.

Tak hanya soal korupsi yang sudah menggila, pelayanan buruk seperti pemadaman listrik semena-mena, belum meratanya jaringan listrik diseluruh pelosok negeri ini, dan segala permasalahan lain yang seperti benang kusut, sulit untuk diurai.

Lalu, apakah kita, sebagai pelanggan dan blogger yang memiliki blog, atau biasa disebut Citizen journalism ini akan berdiam diri dengan keadaan tersebut?

Tak arif rasanya jika kita hanya menuntut PLN berbenah. Kita sendiri pun punya kewajiban untuk mengingatkan, menegur dan mengawasi agar PLN Bersih tak hanya berhenti pada slogan. Semarak ditataran sosialisasi namun minim dalam realisasi. Disisi lain, PLN harus semakin membuka diri dan peka terhadap keluhan masyarakat.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka. [QS. 13:11]

Kita wajib perduli agar PLN Bersih sukses diimplementasikan, sebab listrik merupakan kebutuhan utama semua lapisan masyarakat. Rumah tangga, instansi-instansi pemerintah, perkantoran dan industri, jelas semua membutuhkan listrik. Artinya, urusan listrik menyangkut hajat hidup orang banyak.

Banyak suara sumbang dari berbagai lapisan masyarakat atas ketidak percayaan mereka akan suksesnya program PLN Bersih hendaknya tidak menjadikan PLN nglokro alias patah semangat. Justru inilah saatnya PLN berbenah dan membuktikan jika program PLN Bersih tidak hanya jargon, moto, retorika ataupun janji-janji manis semata. Saatnya menyingsingkan lengan untuk bekerja dan membuktikan diri bahwa PLN layak disebut PLN Bersih.

Mengapa Blogger perlu mendukung program PLN Bersih?

PLN1PLN Bersih sejatinya tak hanya berdampak positif pada PLN saja. Pada akhirnya, kita, pelanggan PLN pun akan menikmati suksesnya program tersebut. Nggak percaya?

Hal yang paling terasa dari suksesnya PLN Bersih ialah efisiensi PLN. Kebocoran (inefisien) PLN sejatinya bersumber dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Gratifikasi, pemberian hadiah, pemberian upeti dan pemberian lain, tak ayal menjadikan pegawai PLN bermain mata. Walhasil, segala pengeluaran ataupun proyek PLN akan di mark up.

Penanganan persoalan tersebut tentu akan memberi pengaruh positif bagi PLN maupun pelanggannya. Disatu sisi, penanganan kebocoran akan meningkatkan pendapatan PLN. Dan disisi lain, pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Dan yang terpenting, penanganan kebocoran mudah-mudahan dapat menurunkan biaya TDL hingga mengurai beban masyarakat. Sepakat?

***

Kaitannya dengan PLN Bersih, PLN telah menggulirkan 4 Pilar program PLN Bersih yang tentunya membutuhkan peran serta kita sebagai masyarakat pengguna produk PLN dan sebagai blogger yang akan memberikan informasi lewat ranah blog (Citizen journalism). 4 Pilar program PLN Bersih diantaranya;

  • Partisipasi. Perlunya peran aktif semua kalangan baik, masyarakat, manajemen PLN, pemerintah, perguruan tinggi dan LSM (stakeholders) untuk mengawasi dan menggiring suksesnya program PLN Bersih. Kita tak bisa berpangku tangan dan hanya menjadi penonton. Laporkan jika melihat penyelewengan ataupun ketidakberesan oknum pegawai PLN.
  • Integritas. Integritas pegawai PLN hendaknya mulai ditanamkan sejak penerimaan calon pegawai. Slogan “No KKN” dalam proses rekruitmen hendaknya betul-betul ditanamkan pada calon pegawai. Petugas penyelenggara rekruitmen jangan sampai tergoda untuk menerima suap maupun sogokan dalam bentuk apapun.
  • Transparansi. Pembangunan budaya PLN Bersih sangat ditentukan keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik.
  • Akuntabilitas.Pegawai PLN harus responsi terhadap setiap keluhan pelanggan. Pelanggan tak butuh jawaban standar seperti “Kami masih mencari penyebab kerusakan dan sekarang ini sedang ditangani” berulang setiap ada permasalahan. Pelanggan butuh penanganan dan penjelasan yang lebih detil dalam waktu singkat, seperti waktu jaman Dahlan Iskan menjadi pimpinan PLN.

Program PLN Bersih merupakan program yang patut di dukung. Bagaimana hasilnya nanti, semua ikut berperan. Seperti yang diungkapkan Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN,“Apakah sudah ada dampaknya sekarang ini dari program PLN bersih no suap? yang tahu itu masyarakat sendiri, apakah saat ini masih ada petugas PLN minta uang tambahan karena tugasnya melayani masyarakat? kalau ada laporkan, karena saat itu tidak ada lagi.”

Yuk, kita dukung dan berperan aktif dalam program PLN Bersih.

Postingan ini untuk diikutsertakan dalam lomba Aku dan PLN yang diselenggarakan oleh BlogDetik dan PLN

Sumber tulisan dan gambar:

http://akudanpln.blogdetik.com/tentang-pln-bersih-2/

http://plnbersih.com/blog/2013/10/05/blogger-kumpul-bareng-pln-berbincang-anti-korupsi/

Advertisements

4 thoughts on “PLN Bersih? Kami Dukung!

  1. saya pernah mendengar pengajian yang intinya jika menjadi seorang pejabat dan menangani layakanan publik, maka segala bentuk parcel dan hadiah harus ditolak dengan tegas dan dengan cara yang santun karena ia akan menjadi sarana dan jalan yang lunak menuju perbuatan yang mengarah pada suap menyuap karena adanya ewoh pakewuh.
    Semoga kedepannya PLN jauh lebih baik, meski saya pernah dikecewakan dengan layanannya karena harus membayar 3 kali lipat akibat kesalahan pencatatan petugas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s