[Bunda of Arabia] Bahagia Meski Tak Sebebas Merpati

Judul : Bunda of Arabia

Penulis : Jihan Davincka dkk

Penerbit : Indie Publishing

Cetakan Pertama : Maret, 2012

ISBN : 978-602-9142-57-0

Halaman : 119 halaman

42bundaofarabia-coverdpnIdiom yang mengatakan “Don’t judge a book by the cover!” memang benar adanya. Kenyataannya, buku “Bunda of Arabia” karya Jihan Davincka yang ditulis bersama para sahabatnya yang pernah bermukim di Jedah ini, secara cover memang kurang menarik. Khas buku-buku terbitan self publishing ataupun buku indie.

Tidak seperti design covernya yang terkesan sederhana, buku ini memuat cerita-cerita mengesankan delapan perempuan Indonesia yang datang ke Jedah dengan latar belakang yang berbeda, namun disatukan oleh takdir sebagai pendamping suami yang bekerja di Arab Saudi. Memiliki hobi yang sama yaitu menulis dan jalan-jalan, menjadikan mereka bersemangat mengabadikan pengalamannya selama di Jedah dalam buku ini.

Sebagian besar dari 8 bunda yang ikut dalam proyek buku ini, ternya sebelumnya merupakan ibu bekerja atau working mom. Pada akhirnya, demi kebahagiaan dan keutuhan keluargalah mereka harus rela meninggalkan karier yang cemerlang. Hidup selalu memberi kita pilihan yang terkadang tidak mudah untuk dipilih.

***

Bunda of Arabia berisi kumpulan aktivitas, berbagai tantangan dan hambatan yang musti mereka hadapi selama bermukim di Jedah. Hambatan terbesar yang menggelisahkan hampir sebagian besar para bunda ialah mobilitas yang sangat terbatas. Penculikan dan aturan yang sangat ketat pada wanita untuk keluar rumah sendirian menjadi kekhawatiran mereka diawal kedatangan di Jedah.

Dalam cerita Jadi Anak Gaul di Jeddah, tinggal di Saudi ternyata para bunda of arabia tak hanya bersahabat dengan tembok. Ada banyak komunitas yang bisa diikuti para ibu untuk menhilangkan rutinitas harian mereka diantaranya, Dharma Wanita KJRI Jeddah, Forum Silaturahim Muslimah Jeddah (Fosilma), Arisan Ibu Ceria, Pengajian Minggu Pagi dan masih banyak lagi.

Seru juga menyimak cerita Jihan Davincka dalam Ritual Cruising The night yang menceritakan pengalamannya berkeliling Jeddah di malam hari. Jalanan lebar nan mulus serta BBM yang hanya seharga seribu perak tentu menjadikan pengalaman berkeliling ke tempat-tempat indah di Jeddah tak akan menguras isi kantong. Banyaknya sale barang-barang branded di momen-momen tertentu pun membuat lapar mata tapi tak menghanguskan isi kantong.

***

Bahasa yang digunakan dalam buku ini khas bahasa para blogger. Mengalir dan tak membuat dahi berkerut. Tak adanya typo dalam buku ini patut diacungi jempol, sebab biasanya buku-buku self ataupun indie banyak bertabur typo dimana-mana.

Banyak cerita dari bunda of arabia yang sayang untuk dilewatkan. Terutama pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan dan menyingkirkan hambatan yang menghadang dan tetap enjoy berada dalam negeri yang memiliki keterkungkungan tinggi pada wanita.

 

Advertisements

4 thoughts on “[Bunda of Arabia] Bahagia Meski Tak Sebebas Merpati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s