Menembus Batas, Melesat Bersama Impian

Judul : Menembus Batas
Penulis : Budi Setiadi & Tim Ziyad Visi Media
Penerbit : Kelompok Ziyad Visi Media
Tebal : 180 halaman
Pertama Terbit : Januari, 2010
ISBN : 978-602-8512-27-5

menembus-batasBuku ini merupakan kisah nyata Budi Setiadi yang sangat inspiratif. Dengan segala keterbatasannya, Budi Setiadi mampu menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang paling tinggi. Kini, anak pertamanya sedang menempuh pendidikan S2 di Jerman.

Budi Setiadi, seorang bapak yang berprofesi sebagai petugas penarik karcis pasar Klewer Solo ini tak pernah berhenti bermimpi untuk menyekolahkan anak-anaknya setinggi mungkin. Dengan gaji yang ia terima rata-rata Rp 450.000 per bulan untuk biaya hidup 6 anak dan istri yang didera sakit menahun. Demi mencukupi kebutuhan keluarganya, Budi bekerja serabutan, terkadang berjualan tali rafia.

Walaupun memiliki gaji sedemikian kecil, Budi mempunyai perhatian lebih pada pendidikan anak-anaknya. Terkadang ia harus menyisihkan uang Rp 200.000 untuk berkonsultasi. Itu artinya keluarga ini harus sering berpuasa atau makan hanya dengan garam dapur. Bahkan tak jarang mereka hanya bisa makan satu hari sekali. Walau begitu, Budi dan keluarga tak pernah berhutang kemanapun, atau meminta bantuan untuk mencukupi kebutuhannya. Ia dan keluarga hanya berdiam di dalam rumah saat tak memiliki uang sepeser pun hingga tak ada tetangga yang tahu kondisi mereka.

Hebatnya lagi Budi mampu menjaga anak-anaknya dari pengaruh buruk lingkungan tempat ia tinggal. Keterbatasan ekonomi tak memungkinnya memiliki pilihan sewa rumah. Ia tinggal di daerah hitam dimana molimo (lima keburukkan manusia diantaranya: medok (main perempuan), mabuk, main (judi), maling dan madat (menggunakan narkoba)) menjadi hal yang lumrah di lingkungan itu.

Tak hanya itu, semangatnya untuk berdakwah tetap menggelora meski ia mendapat banyak tantangan. Tak hanya harta, juga nyawa. Semangat dakwah dan keikhlasan yang ia miliki menjadikan lembah hitam itu kini disinari cahaya ilahiyah. Mungkin keberkahan itulah yang menjadi jalan kemudahan anak-anaknya memgenyam pendidikan tinggi selain karena usaha Budi yang tak kenal henti.

Menembus Batas mengajarkan kita banyak hal. Semangat perjuangan, mimpi yang tak pernah padam dan sebuah keikhlasan tanpa batas. Paduan yang akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dituturkan dengan bahasa ringan dan sangat menyentuh, hingga kita seolah-olah berada diantara keluarga Budi Setiadi.

Advertisements

2 thoughts on “Menembus Batas, Melesat Bersama Impian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s