Frankfurt to Jakarta

Judul : Frankfurt to Jakarta

Penulis : leyla Hana & Annisah Rasbell

Penerbit : Edu Pinguin

Cetakan Pertama : Juni, 2013

ISBN : 978-602-17777-2-5

Frankfurt-to-Jakarta_FBResensi ini dalam rangka memenuhi janji saya dengan mbak Leyla Hana, tandem saya dalam #31HariBerbagiBacaan dan penulis buku ini.

“Lelaki tak butuh cinta untuk dapat menjalin hubungan dengan seorang wanita yang menarik. Sebab, cinta, bagi seorang lelaki, adalah daya tarik wanita itu sendiri.” (Halaman 249)

Fankfurt to Jakarta, berkisah tentang cinta segitiga antara Andini, Fedi dan Rianda. Cinta yang pada akhirnya melukai ketiganya.

Andini tak pernah menyangka cita-citanya akan kandas setelah ia menikah dengan Fedi, lelaki yang dijodohkan Abahnya. Awalnya, ia beranggapan Fedi akan mengijinkannya meneruskan kuliah walaupun telah menikah. Fedi lulusan S2 Jerman tentu memiliki pemikiran yang lebih maju dibandingkan Abahnya, begitu pikir Andini.

Sementara Rianda, wanita yang dijanjikan Fedi untuk dinikahi sepulangnya ke Indonesia, bertekad menjadi wanita yang mandiri saat ia mengetahui cintanya dikhianati Fedi. Zefa sahabatnya, mengabarkan padanya Fedi akan menikahi seorang wanita bernama Andini Yusuf. Zefa menunjukkan undangan Fedi pada para sahabatnya via Facebook. Sepulang ke Indonesia, Rianda berhasil menjadi pengusaha sukses. Kepulangannya ke Indonesia ternyata menyemai kembali cinta lama antara ia dan Fedi.

Celakanya, Fedi yang awalnya sangat mencintai Andini karena yakin Andinilah wanita yang tepat untuk dia dan anak-anaknya, mulai berubah setelah ia bertemu dengan Rianda. Cinta lama pun bersemi kembali dihati keduanya. Siapakah diantara keduanya yang akan di pilih Fedi, Andini yang telah memberinya seorang anak ataukah Rianda, cinta lamanya? Ataukah Fedi memilih keduanya (berpoligami)?  Temukan jawabannya di Frangfurt to Jakarta.

***

Membaca novel Frankfurt to Jakarta mengingatkan saya pada masa lalu. Bapak termasuk lelaki yang memiliki 2 istri. Sedikit banyak saya terhanyut dengan alur cerita novel ini. Saya seperti bisa merasakan konflik yang dihadapi Andini dan Fedi dan sakit hati Andini atas pengkhianatan yang dilakukan Fedi.

Poligami seperti momok dalam sebuah rumah tangga. Selain ego wanita, hal ini terkait budaya monogami. Lelaki yang berpoligami dianggap berkhianat dalam rumah tangga, sementara lelaki yang selingkuh tidak. Dalam novel ini pembaca akan mengetahui bagaimana sejatinya poligami lewat kisah istri kedua Kyai Rojali.

Advertisements

2 thoughts on “Frankfurt to Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s