Ngebento Asyik Bareng Bento Mania

Bikin bento? Hmm, rasanya ga ada dalam kamusku sebagai seorang ibu yang gemar dengan sesuatu yang serba praktis. Bukannya ndak pengen sih, cuman kayaknya ribet banget. Terutama pas menghiasnya.

Biasanya kalau masakkin anak-anak nasi goreng ya cuman bumbu diuleg. trus masukkin ke penggorengan, sreng-sreng masukkin nasi, dicicipi, angkat. Taruh diatas piring, trus kasihkan ke anak. Itu kalau lagi rajin. Kalau giliran malesnya kumat, bumbu malah cuman aku iris-iris aja.

Nah, pas giliran pengen ikutan Kontes Blog Bento Mania, baru tuh aku meluncur ke blognya mencari tahu gimana caranya ngebento yang asik,

Ternyata, bikin bento tuh ndak serumit yang aku bayangkan. Cuman butuh kreatifitas dan sedikit ketelatenan. Jadi pengen coba ngebento nih. Cara membuat aksesoris bento juga tidak selalu rumit, ada juga lho, yang praktis. Penasaran cara membuat karakter bento tanpa ribet? Nih, silahkan klik di “Membuat karakter dari sosis, tanpa alat khusus“.

Untuk bento kali ini, aku pengen memberi hiasan karakter yang terbuat dari sosis. Kenapa akhirnya aku milih karakter dari sosis? Pertama, gampang carinya. Sosis dengan segala ukuran dan merk tuh gampang dicarinya. Ndak perlu jauh-jauh ke supermarket, ke warung dekat rumah juga ada. Kedua, murah. Nah, ini yang biasanya jadi pertimbangan para ibu-ibu. Ketiga, praktis. Dari artikel yang aku baca dari blognya Bento Mania, membuat aksesoris dari bahan sosis bisa menggunakan alat-alat yang sederhana. Cuma butuh pisau dapur dan tusuk gigi.

***

Kebetulan banget, hari senin ini sekolahnya Fathiin, anak saya mengadakan outing ke Taman Pintar. Sebulan sekali sekolah Fathiin rutin mengadakan outing. Outing merupakan istilah belajar di luar kelas. Tempatnya bisa dimana saja, kadang ke gunung, ke peternakan, ke pantai dan masih banyak lagi.

Saat outing, semua murid wajib membawa bekal snack, minum dan makan siang. Pagi ini aku mulai mencoba membuat bento dari nasi goreng yang diberi hiasan karakter gurita dan kelinci. Maklumlah, baru belajar, jadi dipilih yang mudah dulu.

Seperti biasa, nasi putih aku goreng pakai bumbu-bumbu yang sudah diiris. Setelah matang, nasi dicetak dengan cetakkan berbentuk bulat. Sebelum ditaruh ditempat makan, nasi goreng aku alasi dengan daun pisang. Berhubung tadi pagi aku tidak mendapatkan daun slada air di pasar, tak kurang akal, aku pun menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Kebetulan kebun belakang rumah ada beberapak pohon pisang klutuk. Oya, aku juga bikin tumis jagung untuk hiasan rambutnya.

Mula-mula, aku siapkan beberapa sosis untuk membuat karakter. Sosis yang dipilih disesuaikan dengan selera masing-masing, bisa menggunakan sosis ayam ataupun menggunakan sosis sapi. Untuk praktek kali ini aku menggunakan sosis sapi. Pertama aku mulai membuat karakter kelinci. Cara membuatnya juga banget, sosis tinggal dipotong dua bagian secara diagonal, Setelah itu, iris tipis sosis untuk membuat telinganya. Potong membentuk pola V. Untuk mata, berhubung aku tidak punya wijen, maka aku manfaatkan biji ketumbar sebagai matanya. Untuk hiasan terakhir, aku buat sosis berbentuk gurita (octopus). Cara bikinnya juga mudah. Untuk cara lengkapnya, bisa diintip di artikel “Cara Membuat Gurita (Octopus) Dari Sosis

Berhubung masih pemula, maka hasilnya pun masih jauh dari sempurna alias tidak secantik seperti dalam contoh XD. Meski begitu, aku tetap senang, sebab Fathiin menyukai bekal makan siangnya kali ini. Waktu aku lihat, bekal makan siangnya ternyata tandas, habis tak berbekas.Hmm, jadi semangat ngebento lagi. Kapan-kapan pengen coba resep Bento Mania yang lain. Pengen tahu seperti apa hasil kreasi bento perdanaku? Nih, silahkan diintip ya.

SAMSUNG CSC

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Bento Mania :  Aku dan Bento

2 thoughts on “Ngebento Asyik Bareng Bento Mania

Leave a Reply

