[Naomi] Kisah Cinta Absurd

Judul Buku: Naomi
Pengarang: Junichiro Tanizaki
Tahun terbit: 2012
Penerbit: Komodo Books
Tebal Halaman: 255
ISBN: 978-602-9137-23-1

SAMSUNG CSCNaomi, novel karangan Tanizaki Junichiro ini terbit untuk pertama kali pada tahun 1924 di Jepang. Berkisah tentang seorang pemuda bernama Joji Kawaji, pemuda berusia 28 tahun yang bekerja sebagai pegawai tinggi bermasa depan cerah. Ia merupakan tipikal pegawai yang penuh disiplin tinggi, maka tak heran jika ia memiliki karier yang cemerlang,

Joji hijrah dari Utsonomiya, wilayah Tochiki ke Tokyo untuk bekerja. Jauh dari keluarga dan ketidak beraniannya menyentuh wanita menjadikannya pria yang kesepian. Untuk menghilangkan rasa sepinya, Joji sering mengunjungi Kafe Diamond.

Naomi, gadis yang sering dipanggil Nao-Chan ini baru berusia 15 tahun saat ia mulai bekerja di Kafe Diamond. Naomi memiliki paras cantik mirip dengan bintang film Mary Pickford. Di hari pertamanya bekerja, Naomi bertemu dengan seorang pemuda bernama Joji yang kemudian membawanya pulang karena tertarik dengan namanya yang terdengar aneh,

Orangtua Naomi memiliki bisnis rumah bordil di daerah Asakusa, hingga tak mengherankan jika orangtuanya pun tak resah saat Naomi diminta Joji untuk tinggal dirumahnya. Dari awalnya ingin menolong Naomi, pada akhirnya Joji pun mencintai Naomi. Cinta yang menjerumuskannya pada cinta absurd. Cinta yang tak hanya menjadikannya menderita, juga menjadikannya tak bisa lepas dari cengkramannya.

***

Jinichiro Tanizaki, lahir di Tokyo, 24 Juli 1886 merupakan novelis dan penulis cerpen Jepang yang aktif mulai dari akhir zaman Meiji hingga pasca-Perang Dunia II. Karya-karyanya kerap menggambarkan kehidupan keluarga dalam konteks perubahan yang sangat cepat yang dialami masyarakat Jepang abad ke-20, yakni pencarian identitas budaya, yang membandingkan budaya Jepang dan Barat. Hampir semua karyanya dihiasi dengan ironi dan kalimat yang cerdas. Meski dikenal sebagai penulis cerpen dan novel, Tanizaki adalah penulis serba bisa yang juga menulis puisi, drama, dan esai. Tanizaki dianugerahi Orde Kebudayaan dari Pemerintah Jepang. Novel Naomi ini dimungkinkan menginspirasi Vladimir Nabokov untuk menulis novel “Lolita”

Novel ini kaya dengan ketegangan psikologis, pencarian identitas, benturan budaya, dan ketegangan penuh kejutan yang serba tak terduga yang sayang untuk dilewatkan. Penulis betul-betul sukses mengaduk-aduk perasaan pembaca. Empat dari lima bintang saya persembahkan untuk Tanizaki Junichiro.

Advertisements

6 thoughts on “[Naomi] Kisah Cinta Absurd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s