[EnjoyJakarta] Melihat Sisi Lain Jakarta Di Kepulauan Seribu

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Siapa bilang tempat wisata Jakarta hanyalah Ancol, Dunia Fantasi dan Taman Mini Iindonesia Iindah. Ada banyak alternatif tempat berlibur lain yang tak kalah menarik yang ada di Jakarta. Salah satu yang tak boleh dilewatkan yaitu berlibur ke Kepulauan Seribu.

Ada banyak pilihan pulau yang bisa dikunjungi disini. Tentunya, musti disesuaikan dengan dana liburan Anda. Keindahan panorama serta pantainya pun tak kalah indah dengan pantai di Bali.

Selain dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, Kepulauan Seribu juga sering dikunjungi para peneliti dari berbagai negara. Kawasan Kepulauan Seribu yang kaya akan flora serta fauna menarik minat para peneliti untuk meneliti ekosistem hutan dan pantainya. Sedikitnya terdapat 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 101 jenis moluska dan 237 jenis terumbu karang.

Banyak kegiatan wisata bahari yang bisa dilakukan wisatawan selama mengunjungi Kepulauan Seribu diantaranya menyelam (scuba diving), snorkeling, memancing, dan berjemur dipantai. Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu wisata pendidikan dengan menanam lamun, mangrove, serta rehabilitasi karang, penyu sisik, elang bondol dan berkemah.

Naik Apa Habis Berapa

Pengunjung bisa mengakses pulau-pulau di Kepulauan Seribu menggunakan kapal cepat (speedboat) dari Marina Ancol. Kepulauan Seribu bisa juga dikunjungi lewat pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan kapal Feri atau perahu boat sederhana.

Alternatif transportasi yang bisa dipilih menuju Kepulauan Seribu melalui dermaga Marina Ancol yaitu menggunakan speedboat dengan tarif ekonomis alias murah meriah ataupun dengan menyewa speedboat kelas premium.

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Jika perjalanan menuju Kepulauan Seribu menggunakan speedboat tarif ekonomis, maka pilihannya menggunakan kapal ojeg kerapu. Speedboat ini berada di dermaga 21 Marina Ancol.

Pengunjung harus sudah mengantri sejak pukul 07.00. Jika tidak, maka jangan harap mendapatkan tiket. Sementara speedboat sendiri berangkat pukul 08.00 dan pulang pada pukul 13.00. Perjalanan memerlukan waktu 1,5 jam hingga 2 jam.

Speedboat maksimal ditumpangi 25 orang dengan biaya sekitar Rp 50.000 perorang untuk sekali jalan. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi, snack dan minuman.

Anda juga bisa menyewa speeboad dengan fleksibilita waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika menyewa speedboat menjadi pilihan Anda, maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Tarif menyewa speedboat menuju 1 pulau bervariasi. Mulai dari 2 juta rupiah hingga 22 juta perpulau dengan beragam fasilitas yang tentunya akan membuat Anda merasa nyaman selama dalam perjalanan.

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Alternatif lain yang bisa ditempuh untuk mengunjungi Kepulauan Seribu yaitu menggunakan kapal Feri ataupun perahu boat dari pelabuhan Muara Angke.

Jika alternatif yang dipilih menggunakan kapal Feri, biaya sekali jalan sekitar Rp 50.000 perorang sudah termasuk asuransi dan jasa raharja. Datanglah sekitar pukul 06.00 untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman di kapal.

Keberangkatan dari Muara Angke juga bisa menggunakan speedboat dinas perhubungan dengan tarif sekitar Rp 70.000 perorang sekali jalan untuk sampai di pulau Tidung. Kapasitas speedboat hanya untuk 20 orang saja. Jika Anda datang dengan rombongan bisa jadi rombongan tak semua terangkut sekaligus.

Cara Berwisata ke Kepulauan Seribu

Ada dua cara yang bisa ditempuh wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu, yang pertama datang sendiri tanpa agen travel, dan yang kedua melalui agen travel. Berikut beberapa pertimbangan jika Anda memilih salah satunya.

1) Berangkat Mandiri (Backpacker)

Hal yang harus Anda ketahui jika Anda memutuskan berangkat mandiri (backpacker) menuju Kepulauan Seribu diantaranya:

Anda harus mengetahui transportasi yang dibutuhkan menuju pulau-pulau di Kepulauan Seribu sebab kapal Feri ataupun speedboat tak berlayar setiap saat. Hanya pada jam-jam tertentu saja.

Jika Anda berniat untuk bermalam, pastikan Anda sudah memesan penginapan ataupun hotel sebelumnya, mengingat saat liburan tiba hotel dan penginapan biasanya penuh. Tak lupa carilah informasi fasilitas penunjang wisata seperti rental sepeda, rental snorkeling, rental diving yang akan menambah seru wisata Anda.

Hal lain yang perlu dipersiapkan juga yaitu informasi mengenai harga, waktu dan tempat makan yang sesuai dengan selera Anda, mengingat tak semua pulau tersedia warung yang buka 24 jam.

2) Menggunakan Jasa Agen Wisata atau Travel

Jika alternatif yang dipilih menggunakan agen wisata, pilihlah agen wisata yang memiliki reputasi baik, berpengalaman serta memiliki kredibilitas baik agar tak terjebak oleh agen yang tidak bertanggungjawab. Anda bisa mencari informasi tersebut melaui media sosial dan forum-forum yang banyak beredar di internet.

Jangan lupa cek harga yang ditawarkan agen apakah harga yang Anda dapatkan merupakan harga yang ideal. Jangan mudah terbujuk dengan harga murah sebab ditakutkan fasilitas yang disediakan asal-asalan dan tidak sesuai dengan kesepakatan diawal. Hal ini penting mengingat fasilitas yang disediakan masing-masing agen wisata sangat beragam seperti penginapan, menu makanan, guide, sepeda dan lain sebagainya. Membandingkan harga penawaran agen juga penting Anda lalukan agar Anda mendapatkan harga yang kompetitif.

Pada dasarnya ada dua cara yang biasanya ditempuh oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Tidung, yang pertama datang sendiri tanpa melalui agen travel dan yang kedua melalui agen travel. Berikut beberapa pertimbangan Jika Anda memilih salah satunya.
1. Jika Anda datang sendiri ( backpacker )
  • Mengetahui transportasi yang akan digunakan ke Pulau Tidung dalam hal ini tentu kapal penyeberangan, apakah menggunakan kapal feri tradisional atau kapal speedboat. Jika ingin harga yang relatif murah Anda dapat menggunakan kapal feri tradisional dari pelabuhan Muara Angke dengan tarif Rp. 35.000/orang sekali jalan sudah termasuk asuransi perjalanan dari Jasa Raharja. Jangan lupa untuk datang lebih awal di Muara Angke biasanya jam 06.00 pagi untuk mendapatkan tempat yang nyaman di kapal. Alternatif kedua bisa menggunakan kapal speedboat milik dinas perhubungan tetapi dengan kapasitas terbatas ( sekitar 20 orang ) untuk satu kapalnya. Untuk mendapatkan tiket kapal kerapu milik dinas perhubungan ini Anda harus antri masing-masing dan jangan kaget juga jika ada dari kelompok Anda yang tidak kebagian tiket jika posisinya sudah lebih dari 20 orang saat antri. Dengan membayar Rp. 52.000 ( sudah termasuk asuransi perjalanan ) untuk sekali jalan Anda dapat naik kapal kerapu ke Pulau Tidung.
  • Memesan hotel atau penginapan di Pulau Tidung untuk menginap disana. Anda bisa memesan penginapan dengan harga bervariasi dari yang murah sampai yang lumayan mahal tapi dengan fasilitas yang lebih baik. Harga penginapan di Pulau Tidung berkisar Rp. 250.000 sampai dengan 1 Juta tergantung besarnya kapasitas penginapan, fasilitas yang ada didalamnya, view penginapannya, dan juga jumlah orang yang akan menginap juga menentukan harga sewa penginapan.
  • Mengetahu harga, waktu dan tempat makan yang sesuai dengan selera Anda, karena belum begitu banyak warung makan yang buka sampai 24 jam. Kebanyakan warung makan hanya buka dari pagi sampai petang saja. Harga makanan di Pulau Tidung berkisar antara Rp. 10.000 – 25.000 porsi normal.
  • Mencari informasi fasilitas penunjang wisata yang lain seperti rental sepeda, rental snorkeling, rental diving, dan lain-lain yang akan menambah serunya wisata anda di Pulau Tidung. Ada banyak rental yang menyewakan perlengkapan-perlengkapan diatas dengan harga sewa yang relatif murah dan terjangkau, maka jangan lupa siapkan dana cash lebih untuk antisipasi kehabisan uang cash di Pulau Tidung karena masih susah mencari mesin ATM disana.
2. Jika Anda menggunakan Jasa Agen Wisata atau Travel
  • Menghubungi Agen wisata yang sudah mempunyai reputasi baik dan berpengalaman terutama Agen wisata asli warga Pulau Tidung agar mendapatkan harga terbaik dan kompetitif. Jangan lupa juga mengecek reputasi dan kredibilitas agen yang Anda hubungi agar Anda tidak terjebak oleh Agen yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui testimoni dari pengunjung yang pernah datang ke Pulau Tidung melalui social media dan forum-forum yang beredar di internet.
  • Memastikan harga yang Anda dapatkan adalah harga yang ideal bukan harga yang asal murah namun justru fasilitas yang disediakan asal-asalan tidak sesuai dengan pembicaraan awal. Hal ini penting karena fasilitas yang disediakan oleh masing-masing agen wisata memang sangat beragam seperti Penginapan, Menu makan, sepeda, guide dan lain-lain tentu tidak sama satu dengan yang lain.

– See more at: http://www.pantaipulautidung.com/2013/02/harga-dan-biaya-ke-pulau-tidung.html#sthash.aQlso8J7.dpuf

Pada dasarnya ada dua cara yang biasanya ditempuh oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Tidung, yang pertama datang sendiri tanpa melalui agen travel dan yang kedua melalui agen travel. Berikut beberapa pertimbangan Jika Anda memilih salah satunya.
1. Jika Anda datang sendiri ( backpacker )
  • Mengetahui transportasi yang akan digunakan ke Pulau Tidung dalam hal ini tentu kapal penyeberangan, apakah menggunakan kapal feri tradisional atau kapal speedboat. Jika ingin harga yang relatif murah Anda dapat menggunakan kapal feri tradisional dari pelabuhan Muara Angke dengan tarif Rp. 35.000/orang sekali jalan sudah termasuk asuransi perjalanan dari Jasa Raharja. Jangan lupa untuk datang lebih awal di Muara Angke biasanya jam 06.00 pagi untuk mendapatkan tempat yang nyaman di kapal. Alternatif kedua bisa menggunakan kapal speedboat milik dinas perhubungan tetapi dengan kapasitas terbatas ( sekitar 20 orang ) untuk satu kapalnya. Untuk mendapatkan tiket kapal kerapu milik dinas perhubungan ini Anda harus antri masing-masing dan jangan kaget juga jika ada dari kelompok Anda yang tidak kebagian tiket jika posisinya sudah lebih dari 20 orang saat antri. Dengan membayar Rp. 52.000 ( sudah termasuk asuransi perjalanan ) untuk sekali jalan Anda dapat naik kapal kerapu ke Pulau Tidung.
  • Memesan hotel atau penginapan di Pulau Tidung untuk menginap disana. Anda bisa memesan penginapan dengan harga bervariasi dari yang murah sampai yang lumayan mahal tapi dengan fasilitas yang lebih baik. Harga penginapan di Pulau Tidung berkisar Rp. 250.000 sampai dengan 1 Juta tergantung besarnya kapasitas penginapan, fasilitas yang ada didalamnya, view penginapannya, dan juga jumlah orang yang akan menginap juga menentukan harga sewa penginapan.
  • Mengetahu harga, waktu dan tempat makan yang sesuai dengan selera Anda, karena belum begitu banyak warung makan yang buka sampai 24 jam. Kebanyakan warung makan hanya buka dari pagi sampai petang saja. Harga makanan di Pulau Tidung berkisar antara Rp. 10.000 – 25.000 porsi normal.
  • Mencari informasi fasilitas penunjang wisata yang lain seperti rental sepeda, rental snorkeling, rental diving, dan lain-lain yang akan menambah serunya wisata anda di Pulau Tidung. Ada banyak rental yang menyewakan perlengkapan-perlengkapan diatas dengan harga sewa yang relatif murah dan terjangkau, maka jangan lupa siapkan dana cash lebih untuk antisipasi kehabisan uang cash di Pulau Tidung karena masih susah mencari mesin ATM disana.
2. Jika Anda menggunakan Jasa Agen Wisata atau Travel
  • Menghubungi Agen wisata yang sudah mempunyai reputasi baik dan berpengalaman terutama Agen wisata asli warga Pulau Tidung agar mendapatkan harga terbaik dan kompetitif. Jangan lupa juga mengecek reputasi dan kredibilitas agen yang Anda hubungi agar Anda tidak terjebak oleh Agen yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui testimoni dari pengunjung yang pernah datang ke Pulau Tidung melalui social media dan forum-forum yang beredar di internet.
  • Memastikan harga yang Anda dapatkan adalah harga yang ideal bukan harga yang asal murah namun justru fasilitas yang disediakan asal-asalan tidak sesuai dengan pembicaraan awal. Hal ini penting karena fasilitas yang disediakan oleh masing-masing agen wisata memang sangat beragam seperti Penginapan, Menu makan, sepeda, guide dan lain-lain tentu tidak sama satu dengan yang lain.

– See more at: http://www.pantaipulautidung.com/2013/02/harga-dan-biaya-ke-pulau-tidung.html#sthash.aQlso8J7.dpuf

Pulau-pulau di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu yang dikenal juga dengan sebutan Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak sekitar 45 kilometer disebelah utara Jakarta. Terdiri dari 105 pulau yang tersebar dalam 4 kelurahan. Namun sayangnya baru sebagian kecil pulau yang telah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Tercatat baru sekitar 36 pulau yang telah dikembangkan menjadi tempat wisata, baik yang dikelola pribadi maupun menjadi kawasan wisata umum. Beberapa pulau yang telah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata diantaranya;

Pulau Putri

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Pulau Putri merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Jakarta. Ini bukanlah pulau yang dijadikan pemukiman, melainkan sebuah resor. Memasuki pulau Putri Anda akan langsung disambut oleh patung ikan duyung.

Selain menawarkan keindahan panorama pantai, pengunjung dapat melihat akuarium bawah air (undersea aquarium). Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, nikmati pula keindahan dasar laut melalui Glass Bottom Boat, kapal yang dilengkapi dengan kaca dibawahnya untuk melihat biota-biota didasar laut.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan sunset dengan menaiki kapal boat. Sunset cruise adalah wisata berburu sunset yang disediakan pihak pengelola pulau. Pengunjung akan diajak berkeliling pulau, kemudian bersama-sama melihat indahnya sunset dari kapal.

Pengunjung yang tak ingin menginap pun tetap bisa menikmati keindahan Pulau Putri lewat paket One Day Trip. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 800.000 perorang.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dari dermaga 17 pantai Marina Ancol menggunakan speedboat. Dalam satu hari setidaknya ada dua hingga tiga kali keberangkatan kapal dari dermaga Marina Ancol.

Luas Pulau Bidadari hanya sekitar 6 hektar. Pengunjung dapat mengelilinginya hanya dalam tempo 1-2 jam saja.

Beberapa peninggalan Belanda seperti benteng Martello menjadi daya tarik pulau ini. Benteng yang dibangun menyerupai benteng Mortella di Corsica (sebuah pulau di Laut Tengah) ini berbentuk lingkaran dan tak terlalu besar. Biasanya menjadi lokasi pasangan melakukan sesi foto pre-wedding.

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Pulau Bidadari bukanlah lokasi yang tepat untuk snorkeling dan diving, karena lokasinya yang masih terlalu dekat dengan Jakarta. Akan tetapi, Anda tak perlu kecewa, sebab pengunjung bisa melakukan aktivitas water sport  yang tak kalah seru seperti jetski, banana boat, dan kano.

Pada siang hari, pengunjung juga bisa menikmati asyiknya berjemur di bawah sinar matahari di kursi panjang yang ada di tepi pantai.  

Pulau Anyer

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Hawaii untuk menikmati birunya pantai dan indahnya pasir putih. Cukup datang saja ke Pulau Anyer. Pulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Bahkan mantan Presiden Sukarno semasa hidupnya menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatan.

Di pulau ini juga tersedia cottage di pantai dengan gaya etnik Papua. Pantai Anyer dilengkapi dengan fasilitas jet ski dan banana boat. Anda pun bisa menyalurkan hobi memancing . Pulau Anyer merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar.

Pulau Kotok

Pulau Kotok dapat ditempuh dalam waktu 90 menit dari dermaga Marina di Ancol. Pulau Kotok merupakan tempat konservasi Elang Bondol yang merupakan maskot Jakarta. 

Gambar diambil disini

Gambar diambil disini

Pulau Kotok juga merupakan contoh dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih serta formasi batu karang berwarna-warni. Untuk menjaga keasrian dan kelestarian alam bawah laut, pengunjung tidak diperkenankan melakukan olah raga air seperti jetski, banana boat, dan bermain kano. Olah raga air yang diperbolehkan yaitu snokerling dan diving.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pulau berpenduduk yang dihuni bermacam-macam etnis diantaranya Betawi, Bugis, Banten dan Madura. Sebagai pulau yang menjadi pusat administrasi, Pulau Pramuka terbilang cukup maju. Pulau Pramuka juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Listrik, telepon, rumah sakit, home stay, sarana olah raga, rumah makan, masjid, internet dan masih banyak lagi yang pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Pulau ini juga menawarkan wisata edukasi berupa penanaman bakau sebagai upaya perbaikan pertahanan pantai. Selain itu, terdapat pula sarana pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Keindahan alam bawah laut yang siap dijelajahi dengan snorkeling menjadi daya tarik tersendiri. Berenang bersama ikan hias yang berwarna-warni dan melihat terumbu karang yang terjaga kealamianya akan memanjakkan mata Anda selama berenang di dasar laut.

Pulau Tidung

Pulau-Tidung4 picnic 2 indonesia

Gambar diambil disini

Pulau Tidung merupakan salah satu primadona wisata Kepulauan Seribu. Pulau ini pun hampir tak pernah sepi pengunjung.

Saat mengunjungi Pulau Tidung pengunjung tak perlu menggunakan kapal khusus dan tak perlu booking hotel. Tidung membuka diri bagi wisatawan, sama halnya dengan warga setempat yang menyambut pengunjung dengan ramah. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Tidung diantaranya:

1) Menyusuri dan loncat Jembatan Cinta

Jembatan Cinta berada diantara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dan memiliki ketinggian 5-6 meter. Jembatan Cinta merupakan lokasi seru sekaligus romantis. Dari cerita yang beredar, konon ada 2 sejoli yang menemukan cinta mereka di jembatan ini.

Pengunjung juga bisa menguji nyali dengan meloncat dari titik tertinggi jembatan ke perairan di bawahnya. Tak perlu takut terbentur karang sebab perairan dibawahnya cukup dalam dan tanpa karang.

Saat menyusuri jembatan dari Tidung Besar ke Tidung Kecil selain harus berhati-hati, Anda pun harus membawa air mineral agar tak kehausan di jalan sebab panjang jembatan mencapai 800 meter.

2) Bersepeda keliling pulau

Selain meloncat dan menyusuri jembatan, pengunjung juga bisa berkeliling pulau dengan menggunakan sepeda. Rental sepeda berada di tengah Pulau Tidung, dekat pelabuhan. Harga sewanya pun tak mahal, sekitar Rp 15.000-Rp 30.000 seharian. Pulau Tidung hanya berjarak 5 km dengan 3 jalur utama. Jadi tak perlu takut tersesat saat berkeliling Pulau menggunakan sepeda.

3) Snorkeling

Kegiatan lain yang tak boleh ketinggalan yaitu snorkeling. Pulau ini punya beberapa spot snorkeling yang tak kalah indah dengan Pulau Semak Daun atau pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Jika tak punya alat snorkeling sendiri, pengunjung bisa menyewa alat snorkeling dengan harga mulai Rp 40.000 untuk seharian.

Waktu paling baik untuk snorkeling adalah pukul 07.00-08.00 atau 13.00-14.00. Jika Anda belum puas snorkeling di sekitar Tidung, Anda bisa menyewa kapal nelayan menuju beberapa pulau terdekat seperti Pulau Payung.

enjoy

Twiter3

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog “Keindahan Pulau Seribu”

Viva

 

Advertisements

11 thoughts on “[EnjoyJakarta] Melihat Sisi Lain Jakarta Di Kepulauan Seribu

  1. ”Its always good to learn tips like you share for blog posting. As I just started posting comments for blog and facing problem of lots of rejections. I think your suggestion would be helpful for me. I will let you know if its work for me too.”

  2. Mba Ika,
    Lihat foto-foto disini jadi ngiler banget nih pengen kesana. Jadi saya mau mulai nyiapin waktu dan biaya aja dulu deh.
    Posting ini dilombakan ya mba? Moga sukses dan berhasil deh…
    Salam,

  3. Pingback: Melihat Sisi Lain Jakarta di Kepulauan Seribu - Usum News

  4. Pingback: Melihat Sisi Lain Jakarta di Kepulauan Seribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s