Duit Mangpi

Semalam, secara tak sengaja saya menemukan uang recehan Rp 5 di celengan anak-anak. Entah dari mana uang itu berasal, karena unik dan pinggirnya lebih halus daripada koin Rp 500, akhirnya uang tersebut saya pilih untuk mengerik punggung suami.

Mangpi

Indonesia mulai menggunakan nama Rupiah untuk menamai mata uangnya pada jaman pendudukan Dai Nippon pada Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sebelumnya Indonesia masih menggunakan uang gulden Belanda dari tahun 1610 sampai tahun 1817.

Sejak masa kerajaan pun sejatinya Indonesia sudah mengenal uang sebagai alat tukar. Dahulu, setiap kerajaan memiliki jenis uang masing-masing sebagai alat tukarnya.

credit

credit

Uang pecahan Rp 5 milik saya sebenarnya merupakan seri kedua. Jika pada gambar diatas tampak muka bergambar KB, pada seri pertama tampak muka bergambar burung. Seri pertama terbit tahun 1970 sementara seri kedua terbit pada tahun 1974 saat Indonesia mulai gencar menggalakkan program Keluarga Berencana (KB).

Saya jadi teringat dengan masa kecil saya dahulu. Uang Rp 5 yang biasa disebut duit mangpi atau singkatan dari limang rupiah ini begitu berharga. Jika uang Rp 10 bisa untuk membeli jajan yang mengenyangkan seperti nasi gudeg ataupun bakmi pentil, mie yang jika ditarik mirip karet gelang. Sementara duit mangpi biasa untuk membeli jajan leker, glali (gulali), ndog cecak, permen bulat berisi kacang ijo, balon cethet, brondong kepel ataupun jipang. Dari jajanan yang saya sebutkan, kebayangkan berapa usia saya.

Bagi teman-teman yang lahir setelah tahun 1990 ataupun yang tinggal di luar Jawa pasti merasa asing dengan jajan yang saya sebutkan diatas. Walaupun begitu, biasanya memiliki rupa yang sama, hanya beda nama saja.

Advertisements

3 thoughts on “Duit Mangpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s