Perpaduan Warna Hidup

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat dengan tema WARNA.

color of life

credit

Apa yang kalian bayangkan jika dunia ini hanya dipenuhi dengan warna hitam dan putih, Kawan. Daun berwarna hitam, langit berwarna putih, laut, tanah, rambut, pokoknya hitam dan putih saja.  Bukankah amat membosankan?

Menurut Jeannette Chasworth, desainer spesialisasi di bidang warna, warna sangat mempengaruhi kehidupan kita setiap harinya. Masing-masing orang mempunyai kepribadian yang unik begitu juga warna. Dan setiap warna bisa menciptakan energi tertentu.

Pengaruh warna juga terdapat dalam ilmu psikologi. Ilmu pengenalan tentang warna disebut Colour Psychology. Dalam Wikipedia, Colour Psychology atau psikologi warna merupakan studi tentang warna sebagai penentu perilaku manusia. Selain itu warna digunakan juga sebagai pengobatan penyakit psikologis, terapi ini dikenal dengan nama Chromotherapi. Ya, efek sebuah warna ternyata berhubungan dengan tubuh, pikiran, emosi dan keseimbangan penting antara ketiganya.

IMG01435-20130503-1417

Koleksi pribadi

Bicara warna, warna yang menjadi favorit saya ialah warna biru dan hijau. Hijau yang berati seimbang dan dewasa. Bisa juga mencerminkan positivisme dan posesif. Walaupun pada kenyataannya kedewasaan seseorang dipengaruhi banyak hal, warna hijau bisa memberi kesejukkan jiwa dan memberi rasa tenang hingga saat  harus mengambil keputusan pun tidak grusa-grusu alias tergesa-gesa. Semua dipertimbangkan masak-masak.

Koleksi pribadi

Koleksi pribadi

Sementara biru berarti kepercayaan dan kedamaian. Bisa juga mencerminkan loyalitas dan integritas seperti paham konservatif. Sebagai momtrepreneur yang memiliki 10 karyawan laki-laki dan perempuan, kepercayaan diri dalam memimpin sangat dibutuhkan.

Saya juga suka birunya laut dan birunya langit. Saat kegalauan berada dititik nadir, pergi ke pantai memandangi luasnya lautan menjadikan dada ini terasa lapang. Beban yang menghimpit terasa ringan. So, saat kejenuhan menghampiri, biasanya saya boyong keluarga untuk berlibur ke pantai. Kebetulan tak jauh dari rumah terdapat pantai Jatimalang yang asyik buat liburan keluarga.

IMG00754-20121228-0927

Koleksi pribadi – Pantai Jatimalang Purworejo

Selain hijau, kuning, biru, merah, hitam, ada juga lho warna lain dalam hidup ini. Yap, sedih, senang, tangis, dan tawa adalah warna kehidupan kita.

Sebagaimana warna telah membuat dunia ini begitu indah, ‘warna-warni’ kehidupan pun juga  membuat hidup ini semakin bermakna. Tak bisa dibayangkan jika selama hidup kita hanya disuguhkan satu warna kehidupan, tentu hidup ini sangat monoton. Ambil contoh, jika kehidupan yang kita jalani hanya dipenuhi dengan kesedihan semata, maka yang ada hanyalah air mata sepanjang hidup. Laksana batu menangis dalam sebuah hikayat.

Pada kenyaannya sering orang terjebak dalam satu warna saat memandang apa yang terjadi dalam kehidupan yang ia lalui. Tidak berupaya mencoba memandang dengan sudut pandang yang berbeda hingga pada akhirnya memunculkan sikap putus asa. Bukannya berupaya mencari jalan yang terbaik malah sibuk menggerutu, mencela apa yang telah Tuhan gariskan.

Banyak dari orang-orang sukses yang mengubah ketidak nyamanan, ketidak beruntungan, ketidak beradaan ataupun ketidak sempurnaan dengan sudut pandang yang berbeda yang mengantarkannya pada jenjang kesuksesan.

Siapapun pasti kenal dengan Thomas Alva Edison. Bapak penemu bola lampu ini ternyata memiliki banyak keterbatasan dalam dirinya. Edison yang dikeluarkan dari sekolah hanya karena saat dia berumur 6 tahun terlalu banyak bertanya. Guru menganggap dia mengalami keterbelakangan mental. Kegigihan ibunya dalam mendidiknya serta keyakinan akan kemampuan Edison menjadikannya pribadi yang luar biasa. Tak mengeluh, tak menyesali kenyataan yang ada dan berfikir dari sudut yang postif itulah rahasia kesuksesan orang-orang sukses.

Advertisements

8 thoughts on “Perpaduan Warna Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s