Teknologi Hijau Ala Daihatsu

Bagi orang yang tinggal di pedesaan seperti saya, menghirup segarnya udara pagi sambil meneguk secangkir kopi ditemani pisang goreng di teras rumah merupakan aktivitas rutin di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Hmm, rasanya nikmat sekali. Belum lagi hamparan sawah menghijau bak permadani terpampang didepan mata, menambah kesejukkan di pagi hari.

sepedaan

Koleksi pribadi

Saya membayangkan orang-orang yang tinggal di kota besar ataupun kota-kota yang sedang berkembang. Rasa-rasanya sulit untuk menemukan suasana seperti yang saya rasakan. Kemacetan lalu lintas, polusi udara dari cerobong pabrik dan dari kendaraan bermotor serta cuaca panas menyengat sebagai dampak dari global warming selalu menemani hari-hari mereka.

Dalam laporan terbaru, Fourth Assessment Report, yang dikeluarkan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), satu badan PBB yang terdiri dari 1.300 ilmuwan dari seluruh dunia, terungkap bahwa 90% aktivitas manusia selama 250 tahun terakhir inilah yang membuat planet kita semakin panas.

Sektor energi yang memanfaatkan bahan bakar fosil, seperti minyak, gas, dan batu bara untuk menghasilkan listrik telah menyumbang emisi gas rumah kaca mencapai 25,9%. Sumbangan sektor industri terhadap emisi gas rumah kaca mencapai 19,4%. Sementara sumbangan sektor pertanian terhadap emisi gas rumah kaca sebesar 13,5% yang berasal dari pengerjaan tanah dan pembukaan hutan, penggunaan mesin dalam pembajakan, penyemaian, penyemprotan, dan pemanenan.

Sumbangan seluruh sektor transportasi terhadap emisi gas rumah kaca mencapai 13,1% yang meliputi transportasi darat (79,5%), disusul kemudian oleh transportasi udara (13%), transportasi laut (7%), dan terakhir kereta api (0,5%). Sementara, sumbangan dari sektor rumah tangga sebesar 7,9% yang bersumber dari penggunaan listrik untuk menghangatkan dan mendinginkan ruangan, pencahayaan, serta penggunaan alat-alat rumah tangga yang boros listrik.

Teknologi Hijau

L88-589854

credit

Kebutuhan manusia akan energi terus bertambah. Padahal energi yang kita gunakan saat ini sebagian besar adalah energi tak terbarukan, yang suatu saat nanti akan habis. Para ilmuwan pun berupaya keras untuk membuat teknologi-teknologi baru yang tidak hanya menjadi solusi alternatif energi bagi manusia, tapi juga ramah lingkungan. Teknologi ramah lingkungan itu mereka sebut Teknologi Hijau.

Teknologi hijau atau sering juga disebut teknologi ramah lingkungan merupakan segala jenis aplikasi teknologi yang dapat memberikan kepuasan penggunaannya dengan sumber daya lingkungan yang lebih rendah. Artinya teknologi ini hemat sumber daya lingkungan.

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan saat menggunakan teknologi ini diantaranya, pertama, penggunaan teknologi hijau akan menghemat sumber energi dan mengefisikan tenaga, baik tenaga manusia, alam, maupun mesin. Kedua, menghindarkan manusia dari bahaya polusi, penyebaran penyakit, keracunan dan berbagai macam resiko penyakit yang ditimbulkan. Ketiga, penggunaan teknologi hijau juga dapat menekan biaya pembuatan dan menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Keempat, mengurangi jumlah sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme.

iim-daihatsu120923a

Daihatsu, produsen mobil asal Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1951 ini, telah mengembangkan berbagai teknologi yang berkualitas dengan harga terjangkau serta ramah lingkungan. Semangat Daihatsu untuk pengembangan kendaraan ramah lingkungan diwujudkan dengan memproduksi mobil yang irit bahan bakar serta efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Mobil-mobil terbaru keluaran Daihatsu, terutama yang masuk kategori kei car (mobil kecil) memiliki angka konsumsi BBM irit diantaranya Mira:eS, Tanto dan Move.

Dalam mengembangkan teknologi hijau, Daihatsu memiliki tiga jurus yang diterapkan pada teknologinya. Mau tahu seperti apa tiga tahapannya yang dikembangkan Daihatsu?

eco-bagan1

Tahapan pertama dinamakan teknologi Eco-Idle. Penggunaan teknologi ini memungkinkan pengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Sistem i-EGR juga menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimumkan keluaran gas CO2

step11

credit

Tahap kedua pemakaian mesin 2 silinder turbocharged, yang menggunakan komponen lebih sedikit, sehingga berbobot ringan serta menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit. Ditunjang dengan ‘active ignition system’ dan berbagai pengembangan lainnya, efisiensi bahan bakar bisa mencapai 30%. Sementara sistem turbonya memungkinkan pengguna merasa nyaman saat berkendara.

step22

credit

Tahapan ketiga ialah Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell. Bahan pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Tahap ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Pada tahap ini pula emisi gas buang CO2 nol, sehingga ramah lingkungan.

step33

credit

Menurut Satriyo Budiutomo, Executive Coordinator Project Team Research and Development PT Astra Daihatsu Motor, semua tahapan atau langkah ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan yang kompak, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau.

Kini, saatnya beralih menggunakan mobil yang irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik http://www.daihatsu.co.id

Daihatsu-blogdetik

Sumber:

http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1908346/tiga-jurus-daihatsu-kembangkan-teknologi-hijau#.UYCwz3pD6Cw

http://oto.detik.com/read/2012/09/28/111956/2042616/1207/intip-teknologi-masa-depan-daihatsu?o771108bcj

http://onefath20.blogspot.com/2012/07/teknologi-ramah-lingkungan.html

http://infopemanasanglobal.wordpress.com/2009/03/08/penyebabpemanasanglobal/

Advertisements

12 thoughts on “Teknologi Hijau Ala Daihatsu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s