Otak Cerdas dengan Stimulan dan Nutrisi Tepat

Ibu cerdas ialah ibu yang senantiasa memperhatikan asupan gizi dan vitamin yang dibutuhkan untuk buah hatinya. Hal ini penting diperhatikan mengingat kecerdasan anak tidak hanya dipengaruhi faktor genetis semata. Kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan orang tua dan asupan makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Nutrisi dan Stimulasi Penting Pada Masa Emas

80 persen otak anak berkembang pada periode yang disebut dengan golden age, atau masa-masa keemasan. Usia emas terjadi diusia 0 hingga usia lima tahun. Sementara perkembanga otak anak meningkat pesat pada usia dua tahun. Pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat pada anak sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kecerdasan organ paling penting ini.

Kuantitas asupan nutrisi anak pun harus tepat sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak. Ketepatan kuantitas nutrisi akan mendukung perkembangan motorik, emosional, logika, sosial dan bahasa anak.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang penting untuk perkembangan otak anak antara lain.

1. Ikan

Makanan yang kaya akan DHA merupakan makanan penting bagi perkembangan otak anak. Jika pada bayi DHA dapat diperoleh dari Air Susu Ibu (ASI), semantara pada anak-anak DHA dapat diperoleh dari makanan yang mengandung lemak esensial yang berasal dari nabati dan hewani seperti telur, kacang kedelai, ikan dan produk olahannya termasuk minyak ikan.

Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti Salmon, Cod, Tuna, Sarden dan Herring. Ikan-ikan tersebut merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Kini kita tak perlu risau memikirkan kebutuhan DHA dan vitamin untuk anak. Cukup berikan vitamin Seven Seas emulsion pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan DHA dan vitaminnya.

Vitamin Seven Seas berasal dari minyak hati ikan Cod diperairan Atlantik hingga bebas dari pencemaran.Vitamin Seven Seas emulsion memiliki DHA yang tinggi, 224 mg per 10 ml. Selain itu, Vitamin Seven Seas emulsion juga mengandung Omega-3 yang membantu pertumbuhan otak, melindungi sel-sel otak, serta memastikan otak dan retina mata bekerja dengan optimal (membantu meningkatkan perkembangan otak).

7seas

2. Telur

Telur merupakan sumber protein yang mudah didapat dan murah. Kandungan kolin yang terdapat dalam kuning telur berkhasiat membantu perkembangan otak anak. Memberikan sarapan yang sehat pada anak dengan menu atau olahan yang terbuat dari telur menjamin terpenuhinya kebutuhan kolin anak.

3. Sayuran berwarna cerah

Beberapa sayuran seperti, tomat, wortel, bayam atau labu kaya akan antioksidan yang penting untuk otak. Antioksidan bermanfaat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Semakin segar dan cerah warna sayuran, maka makin tinggi pula kandungan antioksidannya.

4. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak mengingat nutrisinya yang sangat lengkap.

Selain memiliki kadar protein dan karbohidrat kompleks yang tinggi, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak anak.

5. Susu

Susu dan produk turunan lainnya seperti yogurt, keju, butter, es krim juga bermanfaat untuk kekuatan otak. Susu kaya akan protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Vitamin D pada susu juga berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

Saat mengetahui betapa pentingnya stimulasi sejak dini, pada kehamilan anak pertama, Fathiin, saya senantiasa ‘mengajak’nya membaca dengan membacakan buku cerita sambil mengelus-elus perut untuk mengetahui reaksinya.

Menurut para ahli, janin di dalam kandungan sudah dapat mendengar suara ibunya. Tak heran jika para ibu hamil disarankan untuk mendengarkan lagu klasik untuk menstimulus janin di dalam kandungan.

Kebiasaan membacakan cerita pun berlanjut saat ia lahir. Bahkan setiap menyusui saya selalu terlihat membaca. Ini saya lakukan agar dia tahu bahwa ibunya memiliki kecintaan dan kebiasaan membaca. Hal ini penting, mengingat lingkungan sangat berpengaruh terhadap kebiasaan anak.

Membaca2

Terbukti anak saya memiliki kecintaan pada buku sejak kecil walaupun ia belum bisa membaca. Beberapa waktu yang lalu saat pertemuan komite kelas, wali kelas memberitahu saya jika Fathiin termasuk murid yang paling rajin pergi ke perpustakaan sekolah.

Hal penting lain yang perlu dilakukan orang tua untuk menstimulus anak supaya gemar membaca ialah dengan membelikan buku yang menarik minat anak yang disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan anak. Tak perlu buku mahal, yang penting anak menyukainya. Ini penting untuk memotivasinya memiliki kecintaan pada buku.

IMG01304-20130411-1128

Menyediakan buku-buku yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak

 

A13F1565CD481AA8AB2D3E0EA0589ED5

.

.

Sumber:

http://www.ibudanbalita.com/diskusi/pertanyaan/66503/privacy

http://health.okezone.com/read/2012/12/05/483/727891/menjelajahi-perkembangan-otak-anak

http://ilmupangan.blogspot.com/2011/11/seputar-alternatif-pengganti-minyak.html

http://health.kompas.com/read/2012/10/09/11250956/9.makanan.terbaik.untuk.otak.anak

Advertisements

3 thoughts on “Otak Cerdas dengan Stimulan dan Nutrisi Tepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s